Kamis, 26 Januari 2012

Biodata Wirduna Tripa


Wirduna Tripa
Biodata Wirduna Tripa
Wirduna Tripa adalah anak dari pasangan Zainun-Nurasiah. Ia adalah anak kedua dari dua bersaudara. Abangnya Tgk. Muhammad Kudra. Wirduna Tripa lahir gampong Drien Tujoh Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh, 29 Oktober  1988.
Riwayat Pendidikan
Di masa kecil sebelum masuk Wirduna menekuni pengajian Juzz Amma. Pengajian tersebut ia tekuni di rumah dan di pesantren. Mengaji adalah kegiatan masa kecilnya di malam hari. Beranjak usia enam tahun ia masuk Sekolah Dasar Negeri Kuala Tripa (1995-2001). Karena saat itu puncak konflik di Aceh orang tuanya pun memasukkannya di sekolah yang dekat dengan lingkungan keluarganya yaitu, SLTP Negeri 3 Darul Makmur (2001-2004). Karena di daerah gampongnya tidak ada sekolah menengah, ia pun masuk ke pesantren modern Madrasah Aliyah Darul Hikmah Islamiah Meulaboh (2004-2007).
Setelah menamatkan sekolah pada madrasah aliyah, ia pun bertekad untuk melanjutkan skuliah di perguruan tinggi. Setelah mengikuti seleksi Wirduna lulus sebagai mahasiswa di S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh. Berkat ketekunannya ia pun menyelesaikan S1 dengan predikat culaud­e (2007-2011). Selanjutnya ia pun melanjutkan S2 di Program Pascasarjana Magister Pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh (2011-sekarang).
Organisasi Siswa-Kemahasiswaan
Di masa masih sekolah di MAS Darul Hikmah, Meulaboh, Wirduna pernah menjabat sebagai ketua OSIM (2005-206). Ketika di perguruan tinggi ia juga aktif di berbagai organisasi internal kampus. Wirduna pernah menjadi Pj. Sekertaris Umum Gelanggang Mahasiswa Sastra Indonesia (Gemasastrin) Unsyiah dan pada tahun berikutnya ia pun dipercayakan sebagai Ketua Umum Gemasastrin (2008-2009). Pada tahun yang sama ia juga aktif di Lembaga Pers Kampus DETaK Unsyiah, di sana ia penah menajadi Kabid. Mumas, Kabid. Perusahaan dan terakhir ia fokus pada bidang keredaksian. Selain itu, Wirduna juga diberikan kepercayaan sebagai Kabid. Informasi dan Komunikasi Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonsia se-Indonesia (IMABSII) yang sekretariat pusatnya di Universitas Negeri Jakarta (2010-2012).
Selain bergelut di organisasi internal kampus, Wirduna juga tertarik untuk telibat di organisasi paguyuban pemuda dan mahasiswa kabupaten kota. Pertama sekali ia aktif di paguyuban kecamatan sebagai Sekretaris Umum Ikatan Pelajar Mahasiswa Darul Makmur (Ipelmasdam) 2008-2010. Pada masa yang sama ia juga sebagai Kabid. Hubungan Antar Lemaba dan Kemasyarakatan pada Ikatan Pelajar Mahasiswa Nagan Raya (Ipelmasra) 2010-2012. Kemudian ia dan teman-teman menjadi deklarator yang membidani kelahiran sebuah organisasi besar, Forum Paguyuban Mahasiswa dan Pemuda Aceh (FPMPA) yang dalam lembaga tersebut inkrut seluruh paguyuban kabupaten kota di Aceh (2011).
Media dan Lembaga Suwadaya Masyarakat
Berbekal dari Pers Kampus dan keorganisasian, awal 2011 Wirduna diajak untuk menjadi reporter pada Majalah The CHIEK yang merupakan media LSM Prodeelat-Aceh. Kemudian pada akhir 2011, ia juga menjadi Kepala Biro Banda Aceh sebuah media nasional Jarrak Pos. Berbekal dari berbagai pengalaman tersebut, mahasiswa Pascasarjana Unsyiah itu mendirikan sebuah LSM yang bergerak dalam bidang pendidikan. Ia mendirikan lembaga tersebut atas dasar keprihatinannya terhadap kondisi pendidikan di Aceh dan Indonesia umumnya. Setidaknya dengan adanya lembaga tersebut ia dapat memberikan dan menyumbangkan sesuatu terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Aceh dan Indonesia. Lembaga yang didirikannya itu adalah  Center for Educational Research and Development of the Acehnese (CERDAS) yang berpusat di ibukota Provinsi Aceh, Banda Aceh.
Aktivitas dan Kreativitas
Saat ini, selain sebagai mahasiswa pada Pascasarjana Unsyiah, ia juga sebagai Asisten Dosen di Unsyiah dan Universitas Muhammadiyah Aceh. Di luar konteks kerja, akademik, dan organisasi Wirduna juga gemar membaca dan menulis. Karyanya seperti cerpen dan artikel sering mengisi beberapa rubrik media di Aceh, seperti Serambi Indonesia, Harian Aceh dan lain-lain. Selain itu, ia juga sering mengisi pelatihan Sastra (Karya Fiksi), Jurnalistik, Leadership, dan Basic Organisasi.

Laman Sosial dan Komunikasi
Hand Phone   : 085277833707
E-mail             : wir_tripa@yahoo.com
Face Book       : Wirduna Tripa
Twitter            : Wirduna_Tripa
Web/blog       : wirduna.blogspot.com
Alamat            : Komplek Perumahan Cadek Permai, Banda Aceh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan Anda